Semenjak pandemi terjadi, masyarakat semakin aware untuk menjaga kesehatan. Hal ini juga diiringi dengan meningkatnya kebutuhan tenaga ahli di bidang kesehatan dan farmasi. Kehadiran ahli farmasi di daerah menjadi sangat penting mengingat perannya dalam memastikan kesehatan masyarakat.

Peran Ahli Farmasi di Mojekerto

Di Mojekerto misalnya, ahli farmasi bertugas untuk menyediakan obat-obatan yang aman dan efektif untuk masyarakat. Mereka bekerja sama dengan dokter dan tenaga kesehatan lainnya untuk memilih obat yang tepat untuk pasien dan memastikan bahwa obat tersebut digunakan dengan benar.

Ahli farmasi di Mojokerto juga bertugas untuk memberikan konseling tentang obat-obatan kepada pasien. Mereka dapat menjelaskan tentang cara penggunaan obat, efek samping obat, dan interaksi obat. Mereka juga dapat membantu pasien untuk memahami informasi tentang obat dan membuat keputusan yang tepat tentang pengobatan mereka.

Ahli farmasi juga dapat melacak riwayat penggunaan obat pasien dan melihat apakah ada potensi masalah, seperti interaksi obat atau efek samping obat. Mereka juga dapat membantu pasien untuk mengelola pengobatan mereka dengan benar.

Edukasi juga kerap meraka lakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang kesehatan seperti cara menggunakan obat dengan benar, cara mencegah penyakit, dan cara hidup sehat.

Tentang Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Mojokerto

Untuk meningkatkan kompetensi ahli farmasi, ada organisasi yang menaungi ahli farmasi di Mojekerto yaitu PAFI Mojekerto.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Mojokerto merupakan  organisasi profesi bagi para ahli farmasi di Kabupaten Mojokerto.

Organisasi bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian di Kabupaten Mojokerto, melindungi dan membela kepentingan anggota dalam menjalankan profesinya, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota melalui pendidikan dan pelatihan serta membantu pemerintah dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang kefarmasian.

Sebagai organisasi Dimana ahli farmasi mojekerto berkumpul, PAFI Mojekerto banyak melaukan kegiatan yang bermanfaat seperti :

  • Mengadakan seminar dan workshop tentang berbagai topik kefarmasian, seperti cara membuat obat tradisional, cara menggunakan obat dengan benar, dan cara menghadapi pasien yang sulit.
  • PAFI Mojokerto juga sering mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi anggota, seperti pelatihan cara menggunakan software apotek dan pelatihan cara memberikan konseling kepada pasien.
  • PAFI Mojokerto sering mengadakan bakti sosial untuk membantu masyarakat, seperti memberikan bantuan obat-obatan gratis kepada masyarakat miskin dan mengadakan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.
  • PAFI Mojokerto juga sering menerbitkan publikasi informasi tentang kefarmasian kepada masyarakat, seperti brosur dan leaflet tentang cara menggunakan obat dengan benar dan cara menjaga kesehatan.

Struktur Organisasi

PAFI Mojokerto dipimpin oleh Pengurus Cabang (PC) yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan beberapa anggota lainnya. PC PAFI Mojokerto dipilih oleh anggota dalam Musyawarah Cabang (Muscab) yang diadakan setiap 3 tahun sekali.

Keanggotaan

Keanggotaan PAFI Mojokerto terbuka bagi semua ahli farmasi yang memiliki Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA) dan berdomisili di Kabupaten Mojokerto atau Kota Mojokerto.

Kontak

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang PAFI Mojokerto, Anda dapat mengunjungi website mereka di https://pafikabupatenmojokerto.org/

Email: admin.pafikabupatenmojokerto@gmail.com
Telp: +685282538235

Alamat: Jl. Belahan, Belahan, Brayung KABUPATEN MOJOKERTO JAWA TIMUR

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *